TERMASUK SUNNAH DI HARI RAYA IALAH MANDI
▪️ Zadzan berkata,
سَألَ رَجُلٌ عَلِيًّا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنِ الغُسْلِ فَقالَ: «اغْتَسِلْ كُلَّ يَوْمٍ إنْ شِئْتَ»، فَقالَ: الغُسْلُ الَّذِي هُوَ الغُسْلُ؟ قالَ: «يَوْمُ الجُمُعَةِ، ويَوْمُ عَرَفَةَ، ويَوْمُ النَّحْرِ، ويَوْمُ الفِطْرِ»
“Ada orang yang bertanya kepada Ali radhiyallahu ‘anhu tentang mandi.
Beliau menjawab, ‘Jika ingin engkau boleh mandi setiap hari.ʼ
Orang itu berkata, ‘Maksudnya mandi yang disyariatkan?ʼ
Ali bin Abi Thalib menjawab, ‘Mandi di hari Jum‘at, hari arafah, idul adha, dan idul fitriʼ.”
-SANADNYA SHAHIH- (Irwaʼ al-Ghalil, 1/177) Diriwayatkan asy-Syafi‘i (Al-Musnad, 114).
▪️ Dari Nafiʼ,
أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ، قَبْلَ أَنْ يَغْدُوَ إِلَى الْمُصَلَّى.
“Sesungguhnya Abdullah bin Umar mandi pada idul fitri sebelum pergi menuju tempat shalat id.”
-ATSAR SHAHIH- Diriwayatkan Malik (Al-Muwatthaʼ, 488).
▪️ Al-Jaʼd bin Abdirrahman berkata,
رَأيْتُ السّائِبَ بْنَ يَزِيدَ يَغْتَسِلُ قَبْلَ أنْ يَخْرُجَ إلى المُصَلّى
“Saya melihat as-Sa-ib bin Yazid -radhiyallahu ‘anhu- mandi sebelum berangkat ke tempat shalat id.”
-ATSAR HASAN- Diriwayatkan al-Firyabi (Ahkam al-‘Idain, 16).
▪️ Sa‘id bin al-Musayyab menyatakan,
سُنَّةُ الفِطْرِ ثَلاثٌ: المَشْيُ إلى المُصَلّى، والأكْلُ قَبْلَ الخُرُوجِ، والِاغْتِسالُ
“Sunnah di idul fitri ada tiga; pergi ke tempat shalat id dengan berjalan, makan sebelum pergi (shalat id), dan mandi.”
-SANADNYA SHAHIH- (Irwaʼ al-Ghalil, 3/104) Diriwayatkan al-Firyabi (Ahkam al-‘Idain, 18).
✅ Pada asalnya, waktu yang dianjurkan untuk mandi hari raya ialah setelah shalat subuh; sebelum seseorang pergi ke tempat shalat id.
▪️ Nafiʼ rahimahullah pernah ditanya tentang amalan yang dilakukan oleh Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma di hari raya, beliau pun menjelaskan,
يَشْهَدُ صَلاةَ الفَجْرِ مَعَ الإمامِ ثُمَّ يَرْجِعُ إلى بَيْتِهِ فَيَغْتَسِلُ غُسْلَهُ مِنَ الجَنابَةِ ويَلْبَسُ أحْسَنَ ثِيابِهِ ويَتَطَيَّبُ بِأطْيَبِ ما عِنْدَهُ ثُمَّ يَخْرُجُ حَتّى يَأْتِيَ المُصَلّى فَيَجْلِسُ فِيهِ حَتّى يَجِيءُ الإمامُ
“Ibnu Umar shalat subuh berjamaah kemudian pulang ke rumahnya untuk mandi dengan tata cara seperti mandi junub.
Lalu menggunakan pakaian terbaik yang beliau miliki, memakai parfumnya yang paling wangi, barulah berangkat menuju tempat pelaksanaan shalat id, beliau duduk dan menunggu sampai imam datang.”
-SANADNYA HASAN- (Silsilah al-Atsar ash-Shahihah, 2/18) Diriwayatkan al-Harits bin Abi Usamah (al-Musnad) sebagai diterangkan dalam al-Mathalib al-‘Aliyyah (753).
Kita dapat lihat bahwa Ibnu Umar mandi setelah shalat subuh.
Namun jika mandi setelah shalat subuh dapat mengakibatkan ia terlambat berangkat ke tempat shalat id atau yang semisal, maka tidak masalah jika mandi sebelum shalat subuh; ini madzhab Maliki, Syafi‘i, dan pernyataan Imam Ahmad.¹
📖 ¹ Baca: Mausu‘ah Ahkam ath-Thaharah, 4/214.
Tidak ada lafazh niat tertentu sebelum mandi hari raya. Ketika seseorang ingin mandi karena itu hari raya, maka itulah niatnya.
✅ Juga perlu diketahui, bahwa mandi hari raya tidak khusus untuk yang berangkat shalat id.
▪️ Imam Nawawi rahimahullah berkata,
ومِن الغُسْلِ المَسْنُونِ غُسْلُ العِيدَيْنِ وهُوَ سُنَّةٌ لِكُلِّ أحَدٍ بِالِاتِّفاقِ سَواءٌ الرِّجالُ والنِّساءُ والصِّبْيانُ لِأنَّهُ يُرادُ لِلزِّينَةِ
“Termasuk mandi yang sunnah ialah mandi hari raya; hukum sunnahnya berlaku untuk seluruh kalangan; hal ini disepakati; berlaku bagi laki-laki, wanita, dan anak-anak, karena tujuan mandi ialah dalam rangka berhias.”
📖 Al-Majmuʼ, 2/202.
✍ -- Hari Ahadi
-- Ta'liq Bab Shalatul ‘Idain | Al-Mulakhkhas al-Fiqhi lil ‘Allamah al-Fauzan
_______________
▶️ Mari ikut berdakwah dengan turut serta membagikan artikel ini, asalkan ikhlas insyaallah dapat pahala.
•••
Tags:
Hari Raya